Skip to toolbar

PERKULIAHAN

HAND OUT

MATA KULIAH PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK USIA  0-3 TAHUN

BAB I

PENDAHULUAN

A. Deskripsi Mata Kuliah

Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menerapkan teori psikologi perkembangan anak usia 0-3 tahun dalam membantu tumbuh kembang anak secara optimal. Untuk mencapai kompetensi tersebut mahasiswa selain mempelajari materi pembelajaran, mahasiswa diharapkan juga berlatih mempraktekkan konsep-konsep dalam psikologi perkembangan anak usia 0-3 tahun. Mata kuliah ini membahas materi mengenai konsep dasar dalam psikologi perkembangan, tahapan dan karakteristik perkembangan anak usia 0-3 tahun, deteksi dini dan hambatan yang mungkin terjadi dalam perkembangan anak usia 0-3 tahun serta kasus-kasus yang terjadi dalam psikologi perkembangan anak usia 0-3 tahun.

B. Standar Kompetensi Mata Kuliah

Mampu mengidentifikasikan, menjelaskan serta menganalisis aspek-aspek dalam psikologi perkembangan anak usia 0-3 tahun untuk mencapai tumbuh kembang yang optimal

C. Manfaat Mata Kuliah

Manfaat mata kuliah ini adalah memberikan wawasan baru kepada mahasiswa dalam hal pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini usia 0-3 tahun sehingga mereka mampu mengindentifikasi tahapan dan karakteristik dalam perkembangan anak secara mendalam. Berbekal wawasan tersebut, diharapkan mahasiswa dapat melakukan deteksi dini dalam perkembangan anak, mengenali hambatan yang terjadi dalam perkembangan anak serta mampu untuk melakukan analisis kasus yang terjadi dalam psikologi perkembangan anak usia 0-3 tahun.

D. Kegiatan belajar/pembelajaran

Kegiatan pembelajaran dilakukan melalui ceramah, diskusi dan presentasi

BAB II

MATERI

A. Pengertian, sejarah dan ruang lingkup psikologi perkembangan

1. Pertemuan ke-1 dan 2

2. Minggu ke-1 dan 2

3. Kompetensi dasar : Mengidentifikasikan pengertian, sejarah dan ruang lingkup psikologi perkembangan

4. Ringkasan Materi :

Psikologi perkembangan merupakan ilmu yang mempelajari tentang perkembangan manusia, sejak masa konsepsi sampai dengan akhir hayat manusia. Sejarah psikologi perkembangan dimulai ketika Dietrich Tiedmann pada tahun 1787 mempublikasikan hasil observasi tentang perkembangan awal anak dalam jurnal Baby Biographies. Ruang lingkup psikologi perkembangan anak meliputi perkembangan kognitif, sosial dan psikomotor.

5. Kegiatan Belajar : ceramah, diskusi dan presentasi

B. Isu teoritis dasar dalam psikologi perkembangan

1. Pertemuan ke-3

2. Minggu ke-3

3. Kompetensi dasar : Mengidentifikasikan isu teoritis dasar dalam psikologi perkembangan

4. Ringkasan Materi :

Terdapat tiga isu teoritis dasar dalam psikologi perkembangan yaitu (1) bobot relatif yang diberikan kepada faktor turunan dan lingkungan, (2) apakah manusia bersifat aktif atau pasif dalam perkembangannya sendiri, dan (3) atau apakah perkembangan terjadi secara berkesinambungan atau terjadi dalam tahapan-tahapan.

5. Kegiatan Belajar : ceramah, diskusi dan presentasi

C. Perspektif dalam psikologi perkembangan

1. Pertemuan ke-4

2. Minggu ke-4

3. Kompetensi dasar : Mengidentifikasikan perspektif dalam psikologi perkembangan

4. Ringkasan Materi

Terdapat berbagai perspektif/pandangan dalam psikologi perkembangan yang kesemuanya berusaha menjelaskan tentang perkembangan manusia. Perspektif dasar dalam teori psikologi perkembangan meliputi perspektif psikoanalisis, pembelajaran, kognitif dan evolusioner (sosiologis)

5. Kegiatan Belajar : ceramah, diskusi, presentasi

D. Metode penelitian dalam psikologi perkembangan

1. Pertemuan ke-5, 6, 7 dan 8

2. Minggu ke-5, 6, 7 dan 8

3. Kompetensi dasar : Mengidentifikasikan metode penelitian dalam psikologi perkembangan

4. Ringkasan Materi

Metode penelitian dalam psikologi untuk mendapatkan data data yang akurat dan reliabel. Metode penelitian dasar dalam psikologi perkembangan meliputi teknik pengambilan sampel, bentuk-bentuk pengumpulan data dan rancangan penelitian dasar

5. Kegiatan Belajar : ceramah, diskusi, presentasi

E. Tahapan dan karakteristik perkembangan anak usia 0-3 tahun

1. Pertemuan ke-9

2. Minggu ke-9

3. Kompetensi dasar : Menganalisis tahapan dalam perkembangan anak usia 0-3 tahun dan karakteristiknya, yang meliputi perkembangan fisik, kognitif, psikososial serta perkembangan yang berwawasan multikultural

4. Ringkasan Materi

Tahapan dalam psikologi perkembangan anak meliputi perkembangan fisik, kognitif, psikososial serta perkembangan yang berwawasan multikultural

5. Kegiatan Belajar : ceramah, diskusi, presentasi

F. Deteksi dini dalam perkembangan anak usia 0-3 tahun

1. Pertemuan ke-10

2. Minggu ke-10

3. Kompetensi dasar : Menganalisis deteksi dini dalam perkembangan anak usia 0-3 tahun

4. Ringkasan Materi :

Deteksi dini dalam perkembangan anak adalah melakukan pengamatan sejak dini tentang perkembangan yang sedang terjadi pada anak, untuk mengetahui apakah anak sudah mengalami perkembangan sesuai dengan tahapan usia nya. Deteksi dini perkembangan pada anak ini sangat diperlukan agar sesegera mungkin diketahui jika terjadi hal yang tidak sewajarnya pada perkembangan anak sehingga dapat diberikan intervensi sedini mungkin pada anak.

5. Kegiatan Belajar : ceramah, diskusi, analisis kasus, presentasi

G. Hambatan perkembangan anak usia 0-3 tahun

1. Pertemuan ke-11

2. Minggu ke-11

3. Kompetensi dasar : Menganalisis hambatan yang mungkin terjadi dalam perkembangan anak usia 0-3 tahun

4. Ringkasan Materi

Hambatan perkembangan anak adalah hambatan yang terjadi pada anak dimana anak mengalami perkembangan yang tidak sesuai dengan tahapan yang seharusnya terjadi pada usianya. Hambatan pada perkembangan anak harus segara dicarikan alternatif pemecahan masalahnya, agar hambatan tersebut tidak mengganggu perkembangan yang lainnya.

5. Kegiatan Belajar : ceramah, diskusi, analisis kasus, presentasi

H. Isu-isu dalam psikologi perkembangan anak usia 0-3 tahun

1. Pertemuan ke-12

2. Minggu ke-12

3. Kompetensi dasar : Menganalisis isu-isu yang terjadi dalam psikologi perkembangan anak usia 0-3 tahun

4. Ringkasan Materi

Terdapat banyak isu yang terjadi dalam psikologi perkembangan anak dalam masyarakat. Analisis kasus terhadap permasalahan tersebut sangat diperlukan agar kita dapat membantu penyelesaian kasus yang terjadi dalam masyarakat di sekitar kita.

5. Kegiatan Belajar : ceramah, diskusi, analisis kasus, presentasi

BAB III

PENUTUP

A. Daftar Rujukan

1. Haditono, S.R, Knoers, A.M.P., Mönks., F.J., 1999. Psikologi Perkembangan, Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

2. Hurlock, E. B., 1999. Psikologi Perkembangan (edisi terjemahan). Jakarta: Penerbit Erlangga.

3. Papalia, D.E., Olds, S.W. & Feldman, R.D., 2008. Human Development (edisi terjemahan). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

B. Tugas Terstruktur

1. Makalah individu

2. Makalah kelompok

C. Rencana Penilaian

1.Tugas Mandiri:30 %

2.Tugas Kelompok: 30 %

3.Uji Kompetensi: 40%